31. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama
|
(SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
|
A.
|
Latar Belakang
|
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional
|
peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang
|
studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya,
|
budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan,
|
berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan
|
serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
|
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta
|
didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara
|
lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan
|
manusia Indonesia.
|
Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi
|
kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan,
|
keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia.
|
Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan
|
merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global.
|
Dengan standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan:
|
1.
|
peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan,
|
kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil
|
karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa sendiri;
|
2.
|
guru dapat memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa
|
peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
|
3.
|
guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan
|
kesastraan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta
|
didiknya;
|
4.
|
orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program
|
kebahasaan daan kesastraan di sekolah;
|
5.
|
sekolah dapat menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan
|
sesuai dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
|
6.
|
daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan
|
sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan
|
kepentingan nasional.
|
B.
|
Tujuan
|
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan
|
sebagai berikut.
|
1.
|
Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik
|
secara lisan maupun tulis
|
2.
|
Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan
|
dan bahasa negara
|
231
|
3.
|
Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk
|
berbagai tujuan
|
4.
|
Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta
|
kematangan emosional dan sosial
|
5.
|
Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan,
|
memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan
|
berbahasa
|
6.
|
Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan
|
intelektual manusia Indonesia.
|
C.
|
Ruang Lingkup
|
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan
|
berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
|
1.
|
Mendengarkan
|
2.
|
Berbicara
|
3.
|
Membaca
|
4.
|
Menulis.
|
Pada akhir pendidikan di SMP/MTs, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya
|
15 buku sastra dan nonsastra.
|
232
|
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
|
Kelas VII, Semester 1
|
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
|
1.
|
Memaha mi wacana lisan
|
1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam
|
melalui kegiatan
|
beberapa kalimat
|
mendengarkan berita
|
1.2
|
Menuliskan kembali berita yang dibacakan
|
ke dalam beberapa kalimat
|
Be rbicara
|
2.
|
Mengungkapkan
|
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling
|
pengalaman dan
|
mengesankan dengan menggunakan pilihan kata
|
informasi melalui
|
dan kalimat efektif
|
kegiatan bercerita dan
|
2.2
|
Menyampaikan pengumuman dengan intonasi
|
menyampaikan
|
yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat
|
pengumuman
|
yang lugas dan sederhana
|
Membaca
|
3.
|
Memaha mi ragam teks
|
3.1 Menemukan makna kata tertentu dalam kamus
|
nonsastra dengan
|
secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks
|
berbagai cara membaca
|
yang diinginkan melalui kegiatan membaca
|
memindai
|
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca
|
cepat 200 kata per menit
|
3.3
|
Membacakan berbagai teks perangkat upacara
|
dengan intonasi yang tepat
|
Menulis
|
4.
|
Mengungkapkan pikiran
|
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi
|
dan pengalaman dalam
|
dengan memperhatikan cara pengungkapan dan
|
buku harian dan surat
|
bahasa yang baik dan benar
|
pribadi
|
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan
|
komposisi, isi, dan bahasa
|
4.3
|
Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang
|
efektif, baik dan benar
|
233
|
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
|
5.
|
Mengapresiasi dongeng
|
5.1 Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng
|
yang diperdengarkan
|
yang diperdengarkan
|
5.2
|
Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan
|
situasi sekarang
|
Be rbicara
|
6.
|
Mengeskpresikan
|
6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal,
|
pikiran dan perasaan
|
intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
|
melalui kegiatan
|
6.2 Bercerita dengan alat peraga
|
bercerita
|
Membaca
|
7.
|
Memahami isi berbagai
|
7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
|
teks bacaan sastra
|
7.2
|
Mengomentari buku cerita yang dibaca
|
dengan membaca
|
Menulis
|
8.
|
Mengekspresikan
|
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat
|
pikiran, perasaan, dan
|
pantun
|
pengalaman melalui
|
8.2
|
Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng
|
pantun dan dongeng
|
yang pernah dibaca atau didengar
|
234
|
Kelas VII, Semester 2
|
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
|
9.
|
Memaha mi wacana lisan
|
9.1 Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan
|
melalui kegiatan
|
seorang tokoh/narasumber yang disampaikan
|
wawancara
|
dalam wawancara
|
9.2 Menuliskan dengan singkat hal-hal penting yang
|
dikemukakan narasumber dalam wawancara
|
Be rbicara
|
10.
|
Mengungkapkan pikiran,
|
10.1 Menceritakan tokoh idola dengan
|
perasaan, informasi, dan
|
mengemukakan identitas dan keunggulan tokoh,
|
pengalaman melalui
|
serta alasan mengidolakannya dengan pilihan
|
kegiatan menanggapi
|
kata yang sesuai
|
cerita dan bertelepon
|
10.2 Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan
|
bahasa yang santun
|
Membaca
|
11.
|
Memaha mi wacana tulis
|
11.1 Mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani
|
melalui kegiatan
|
dari buku biografi yang dibaca secara intensif
|
membaca intensif dan
|
11.2
|
Menemukan gagasan utama dalam teks yang
|
membaca memindai
|
dibaca
|
11.3
|
Menemukan informasi secara cepat dari
|
tabel/diagram yang dibaca
|
Menulis
|
12.1 Mengubah teks wawancara menjadi narasi
|
12.
|
Mengungkapkan
|
berbagai informasi
|
dengan memperhatikan cara penulisan kalimat
|
dalam bentuk narasi dan
|
langsung dan tak langsung
|
pesan singkat
|
12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi dengan
|
menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang
|
santun
|
235
|
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
|
13.
|
Memaha mi pembacaan
|
13.1 Menanggapi cara pembacaan puisi
|
puisi
|
13.2
|
Merefleksi isi puisi yang dibacakan
|
Be rbicara
|
14.
|
Mengungkapkan
|
14.1 Menanggapi cara pembacaan cerpen
|
tanggapan terhadap
|
14.2
|
Menjelaskan hubungan latar suatu cerpen
|
pembacaan cerpen
|
(cerita pendek) dengan realitas sosial
|
Membaca
|
15.
|
Memaha mi wacana
|
15.1 Membaca indah puisi dengan menggunakan
|
sastra melalui kegiatan
|
irama, volume suara, mimik, kinesik yang sesuai
|
membaca puisi dan buku
|
dengan isi puisi
|
cerita anak
|
15.2
|
Menemukan realitas kehidupan anak yang
|
terefleksi dalam buku cerita anak baik asli
|
maupun terjemahan
|
Menulis
|
16.
|
Mengungkapkan
|
16.1 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan
|
keindahan alam dan
|
keindahan alam
|
pengalaman melalui
|
16.2 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan
|
kegiatan menulis kreatif
|
peristiwa yang pernah dialami
|
puisi
|
236
|
Kelas VIII, Semester 1
|
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
|
1.
|
Memahami wacana lisan
|
1.1 Menganalisis laporan
|
berbentuk laporan
|
1.2 Menanggapi isi laporan
|
Berbicara
|
2.
|
Mengungkap berbagai
|
2.1 Berwawancara dengan narasumber dari berbagai
|
informasi melalui
|
kalangan dengan memperhatikan etika
|
wawancara dan
|
berwawancara
|
presentasi laporan
|
2.2
|
Menyampaikan laporan secara lisan dengan
|
bahasa yang baik dan benar
|
Membaca
|
3.
|
Memahami ragam
|
3.1 Menemukan informasi secara cepat dan tepat
|
wacana tulis dengan
|
dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca
|
membaca memindai,
|
memindai
|
membaca cepat
|
3.2
|
Menemukan tempat atau arah dalam konteks
|
yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera
|
pada denah
|
3.3
|
Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca
|
cepat 250 kata per menit
|
Menulis
|
4.
|
Mengungkapkan
|
4.1 Menulis laporan dengan menggunakan bahasa
|
informasi dalam bentuk
|
yang baik dan benar
|
laporan, surat dinas, dan
|
4.2 Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan
|
petunjuk
|
sekolah dengan sistematika yang tepat dan
|
bahasa baku
|
4.3 Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan
|
urutan yang tepat dan menggunakan bahasa
|
yang efektif
|
237
|
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
|
5.
|
Mengapresiasi
|
5.1 Menanggapi unsur pementasan drama
|
pementasan drama
|
5.2 Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan
|
drama
|
Berbicara
|
6.
|
Mengungkapkan pikiran
|
6.1 Bermain peran sesuai dengan naskah yang
|
dan perasaan dengan
|
ditulis siswa
|
bermain peran
|
6.2
|
Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai
|
dengan kerangka naskah yang ditulis siswa
|
Membaca
|
7.
|
Memahami teks drama
|
7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
|
dan novel remaja
|
7.2 Membuat sinopsis novel remaja Indonesia
|
Menulis
|
8.
|
Mengungkapkan
|
8.1 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan
|
pikiran dan perasaan
|
memperhatikan keaslian ide
|
melalui kegiatan
|
8.2
|
Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan
|
menulis kreatif naskah
|
memperhatikan kaidah penulisan naskah drama
|
drama
|
238
|
Kelas VIII, Semester 2
|
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
|
9.
|
Memahami i si berit a
|
9.1 Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di
|
dari radio/televisi
|
mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang
|
didengar dan atau ditonton melalui
|
radio/televisi
|
9.2
|
Mengemukakan kembali berita yang didengar/
|
ditonton melalui radio/televisi
|
Be rbicara
|
10.
|
Mengemukakan
|
10.1 Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan
|
pikiran, persaan, dan
|
penolakan pendapat dalam diskusi disertai
|
informasi melalui
|
dengan bukti atau alasan
|
kegiatan diskusi dan
|
10.2
|
Membawakan acara dengan bahasa yang baik
|
protokoler
|
dan benar, serta santun
|
Membaca
|
11.
|
Memahami ragam
|
11.1 Menemukan masalah utama dari beberapa
|
wacana tulis dengan
|
berita yang bertopik sama melalui membaca
|
membaca ekstensif,
|
ekstensif
|
membaca intensif, dan
|
11.2 Menemukan informasi untuk bahan diskusi
|
membaca nyaring
|
melalui membaca intensif
|
11.3 Membacakan teks berita dengan intonasi yang
|
tepat serta artikulasi dan volume suara yang
|
jelas
|
Menulis
|
12.
|
Mengungkapkan
|
12.1 Menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan
|
informasi dalam bentuk
|
populer
|
rangkuman, teks berita,
|
12.2 Menulis teks berita secara singkat, padat, dan
|
slogan/poster
|
jelas
|
12.3 Menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan
|
dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi,
|
serta persuasif
|
239
|
0 komentar:
Posting Komentar