Create your own banner at mybannermaker.com!
mudi falah hidha - kertosono - office MTsN Juwet kab. nganjuk

Rabu, 11 Mei 2011

standar isi mts

31. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama
(SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
A.
Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional
peserta didik dan  merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang
studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya,
budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan,
berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan
serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta
didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara
lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan
manusia Indonesia.
Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi
kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan,
keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia.
Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik  untuk memahami dan
merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global.
Dengan  standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan:
1.
peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan,
kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil
karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa sendiri;
2.
guru dapat memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa
peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
3.
guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan
kesastraan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta
didiknya;
4.
orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program
kebahasaan daan kesastraan di sekolah;
5.
sekolah dapat menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan
sesuai dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
6.
daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan
sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan
kepentingan nasional.
B.
Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan
sebagai berikut.
1.
Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik
secara lisan maupun tulis
2.
Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan
dan bahasa negara
231



3.
Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk
berbagai tujuan
4.
Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan  intelektual, serta
kematangan emosional dan sosial
5.
Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan,
memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan
berbahasa
6.
Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan
intelektual manusia Indonesia.
C.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan
berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Mendengarkan
2.
Berbicara
3.
Membaca
4.
Menulis.
Pada akhir pendidikan di SMP/MTs, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya
15 buku sastra dan nonsastra.
232



D.  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas  VII, Semester 1
Standar Kompetensi  Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.
Memaha mi wacana lisan
1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam
melalui kegiatan
beberapa kalimat
mendengarkan berita
1.2
Menuliskan kembali berita yang dibacakan
ke dalam beberapa kalimat
Be rbicara
2.
Mengungkapkan
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling
pengalaman dan
mengesankan dengan menggunakan pilihan kata
informasi melalui
dan kalimat efektif
kegiatan bercerita dan
2.2
Menyampaikan pengumuman dengan intonasi
menyampaikan
yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat
pengumuman
yang lugas dan sederhana
Membaca
3.
Memaha mi ragam teks
3.1 Menemukan makna kata tertentu dalam kamus
nonsastra dengan
secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks
berbagai cara membaca
yang diinginkan melalui kegiatan membaca
memindai
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca
cepat 200 kata per menit
3.3
Membacakan berbagai teks perangkat upacara
dengan intonasi yang tepat
Menulis
4.
Mengungkapkan pikiran
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi
dan pengalaman dalam
dengan memperhatikan cara pengungkapan dan
buku harian dan surat
bahasa yang baik dan benar
pribadi
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan
komposisi, isi, dan bahasa
4.3
Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang
efektif, baik dan benar
233



Standar Kompetensi  Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5.
Mengapresiasi  dongeng
5.1 Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng
yang  diperdengarkan
yang diperdengarkan
5.2
Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan
situasi sekarang
Be rbicara
6.
Mengeskpresikan
6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal,
pikiran dan perasaan
intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
melalui kegiatan
6.2 Bercerita dengan alat peraga
bercerita
Membaca
7.
Memahami isi berbagai
7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
teks bacaan sastra
7.2
Mengomentari buku cerita yang dibaca
dengan  membaca
Menulis
8.
Mengekspresikan
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat
pikiran, perasaan, dan
pantun
pengalaman melalui
8.2
Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng
pantun dan dongeng
yang  pernah dibaca atau didengar
234



Kelas VII, Semester  2
Standar Kompetensi  Kompetensi Dasar
Mendengarkan
9.
Memaha mi wacana lisan
9.1 Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan
melalui kegiatan
seorang tokoh/narasumber yang disampaikan
wawancara
dalam wawancara
9.2 Menuliskan dengan singkat hal-hal penting yang
dikemukakan narasumber dalam wawancara
Be rbicara
10.
Mengungkapkan pikiran,
10.1 Menceritakan tokoh idola dengan
perasaan, informasi, dan
mengemukakan identitas dan keunggulan tokoh,
pengalaman melalui
serta alasan mengidolakannya dengan pilihan
kegiatan menanggapi
kata yang sesuai
cerita dan bertelepon
10.2 Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan
bahasa yang santun
Membaca
11.
Memaha mi wacana tulis
11.1 Mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani
melalui kegiatan
dari buku biografi yang dibaca secara intensif
membaca intensif dan
11.2
Menemukan gagasan utama dalam teks yang
membaca memindai
dibaca
11.3
Menemukan informasi secara cepat dari
tabel/diagram yang dibaca
Menulis
12.1 Mengubah  teks wawancara menjadi narasi
12.
Mengungkapkan
berbagai informasi
dengan memperhatikan cara penulisan kalimat
dalam bentuk narasi dan
langsung dan tak langsung
pesan singkat
12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi dengan
menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang
santun
235



Standar Kompetensi  Kompetensi Dasar
Mendengarkan
13.
Memaha mi pembacaan
13.1 Menanggapi cara pembacaan puisi
puisi
13.2
Merefleksi isi puisi yang  dibacakan
Be rbicara
14.
Mengungkapkan
14.1 Menanggapi cara pembacaan cerpen
tanggapan terhadap
14.2
Menjelaskan  hubungan  latar suatu cerpen
pembacaan cerpen
(cerita pendek) dengan realitas sosial
Membaca
15.
Memaha mi wacana
15.1 Membaca indah puisi dengan menggunakan
sastra melalui kegiatan
irama, volume suara, mimik, kinesik yang sesuai
membaca puisi dan buku
dengan isi puisi
cerita anak
15.2
Menemukan  realitas kehidupan  anak yang
terefleksi dalam buku cerita anak baik asli
maupun terjemahan
Menulis
16.
Mengungkapkan
16.1 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan
keindahan alam dan
keindahan alam
pengalaman melalui
16.2 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan
kegiatan  menulis kreatif
peristiwa yang pernah dialami
puisi
236



Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi  Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.
Memahami wacana lisan
1.1 Menganalisis laporan
berbentuk laporan
1.2  Menanggapi isi laporan
Berbicara
2.
Mengungkap berbagai
2.1  Berwawancara dengan narasumber dari berbagai
informasi melalui
kalangan dengan memperhatikan etika
wawancara  dan
berwawancara
presentasi laporan
2.2
Menyampaikan laporan secara lisan dengan
bahasa yang baik dan benar
Membaca
3.
Memahami ragam
3.1  Menemukan informasi secara cepat dan tepat
wacana tulis dengan
dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca
membaca memindai,
memindai
membaca cepat
3.2
Menemukan  tempat  atau arah dalam konteks
yang sebenarnya sesuai dengan yang  tertera
pada denah
3.3
Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca
cepat 250 kata per menit
Menulis
4.
Mengungkapkan
4.1  Menulis laporan dengan menggunakan bahasa
informasi dalam bentuk
yang baik dan benar
laporan, surat dinas, dan
4.2  Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan
petunjuk
sekolah dengan sistematika yang tepat dan
bahasa baku
4.3  Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan
urutan yang tepat dan menggunakan bahasa
yang efektif
237



Standar Kompetensi  Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5.
Mengapresiasi
5.1  Menanggapi unsur pementasan drama
pementasan drama
5.2  Mengevaluasi pemeran tokoh dalam  pementasan
drama
Berbicara
6.
Mengungkapkan pikiran
6.1  Bermain peran sesuai dengan naskah yang
dan  perasaan dengan
ditulis siswa
bermain peran
6.2
Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai
dengan kerangka naskah yang ditulis siswa
Membaca
7.
Memahami  teks drama
7.1  Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
dan novel remaja
7.2   Membuat sinopsis novel remaja Indonesia
Menulis
8.
Mengungkapkan
8.1  Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan
pikiran dan perasaan
memperhatikan keaslian ide
melalui kegiatan
8.2
Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan
menulis  kreatif naskah
memperhatikan kaidah penulisan naskah drama
drama
238



Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi  Kompetensi Dasar
Mendengarkan
9.
Memahami  i si berit a
9.1  Menemukan  pokok-pokok berita (apa, siapa, di
dari radio/televisi
mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang
didengar dan atau ditonton  melalui
radio/televisi
9.2
Mengemukakan kembali berita yang didengar/
ditonton  melalui radio/televisi
Be rbicara
10.
Mengemukakan
10.1 Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan
pikiran, persaan, dan
penolakan  pendapat dalam diskusi disertai
informasi melalui
dengan bukti atau alasan
kegiatan   diskusi dan
10.2
Membawakan acara dengan bahasa yang baik
protokoler
dan benar, serta santun
Membaca
11.
Memahami  ragam
11.1 Menemukan  masalah utama dari beberapa
wacana tulis dengan
berita yang bertopik sama melalui membaca
membaca ekstensif,
ekstensif
membaca intensif, dan
11.2 Menemukan informasi untuk bahan diskusi
membaca  nyaring
melalui membaca intensif
11.3 Membacakan teks berita dengan intonasi yang
tepat serta artikulasi dan volume suara yang
jelas
Menulis
12.
Mengungkapkan
12.1 Menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan
informasi dalam bentuk
populer
rangkuman, teks berita,
12.2 Menulis teks berita secara singkat, padat, dan
slogan/poster
jelas
12.3 Menulis slogan/poster untuk berbagai  keperluan
dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi,
serta persuasif
239

0 komentar:

Poskan Komentar

 
`