Create your own banner at mybannermaker.com!
mudi falah hidha - kertosono - office MTsN Juwet kab. nganjuk

Kamis, 30 Juni 2011

contoh RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                  : Bahasa Indonesia
SMP/MTs                          : SMP/MTs
Kelas / Semester /Unit     : VII/1/1
Alokasi Waktu                  :  4 x 40 menit


A. Standar Kompetensi 
Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng.

B. Kompetensi Dasar     
Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun
                                           

C.    Tujuan Pembelajaran

·         Setelah mengamati lima contoh pantun, siswa dapat menjelaskan paling sedikit empat syarat/karakteristik pantun dengan benar.
·         Setelah mengamati lima contoh pantun, siswa dapat menjelaskan paling sedikit tiga jenis pantun (dari segi tema dan isi) dengan baik.
·         Setelah disajikan model menulis pantun, siswa dapat  menulis dua bait pantun dengan memenuhi karakteristik pantun.
·         Setelah memperhatikan pantun yang telah disusun, siswa dapat menyuntingnya sesuai dengan karaktristik pantun yang baik.
·         Setelah terkumpul pantun yang baik, siswa dapat membukukan pantun yang telah ditulisnya menjadi buku kumpulan pantun dengan pembagian bab mengacu pada jenis pantun.

D.    Materi Pokok

Berikut ini disampaikan pokok-pokok materi menulis pantun. Secara rinci materi disampaiakan pada lampiran.
·         Contoh-contoh pantun
·         Syarat/karakteristik pantun
·         Jenis pantun
·         Langkah-langkah menulis pantun
·         Menyunting dan membukukan pantun

E.     Metode Pembelajaran

·         CLP (Curpat, Lomba, dan Pajang)








F.     Kegiatan Pembelajaran


Pertemuan
Kegiatan
Waktu
Ke-1




















































Ke-2




Pendahuluan

1)      Menyanyikan lagu berbentuk pantun
2)      Menggali pengetahuan awal mengenai kegunaan pantun dan manfaat pemilikan kompetensi menulis pantun dalam kehidupan.
3)      Menggali pengetahuan awal siswa tentang syarat-syarat dan jenis pantun.
4)      Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai
5)      Siswa dikelompokkan dengan anggota empat orang. Kelompok dirancang sesuai jenis pantun yang meliputi beragam tema dan isi pantun.

Kegiatan Inti                     
1)      Siswa mengamati lima buah contoh pantun dengan tema yang bervariasi..
2)      Siswa berdiskusi menemukan karakteristik  dan jenis  berdasarkan contoh pantun yang disediakan guru.
3)      Antarkelompok saling mengoreksi hasil diskusi tentang karakteristik dan jenis pantun.

4)      Dengan adu cepat, tiap kelompok melakukan tugas berikut:

a)      menata guntingan-guntingan pntun dalam bentuk puzel sehingga menjadi pantun yang baik
b)      melengkapi pantun yang dirumpangkan pada bagian isi.
c)      Melengkapi pantun yang dirumpangkan pada bagian sampiran.
d)     menulis minimal tiga bait pantun dengan variasi jenis yang berbeda dan memenuhi karakteristik pantun yang baik.

5)      Tiap kelompok memajang hasil karyanya di papan yang telah disipakan dan ditata secara rapi.
6)      Tiap kelompok menilai hasil karya kelompok lain dengan rubrik yang telah disediakan dan disepakati bersama.

Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi dengan menanyakan apa yang telah dipelajari dan kesulitan yang dihadapi siswa. 
·         Guru menjelaskan tugas-tugas pada pertemuan berikutnya, yaitu secara individu kelmpok mengkliping lima bait pantun dengan tema yang bervariasi dan memenuhi karakteristik pantun yang baik (TM TT 40’)*
                          
Pendahuluan
Bertanya jawab terkait dengan tugas mengkliping pantun. Siswa memajang  dua bait pantun yang dianggap terbaik.

Kegiatan Inti
1)      Siswa secara individual praktik menulis dua bait pantun (teknik produk untuk uji kompetensi).
2)      Secara berpasangan, siswa saling menilai pantun yang ditulisnya dengan menggunakan rubrik yang disediakan guru.
3)      Guru memberikan penguatan berdasarkan hasil uji kompetensi siswa dalam menulis pantun.

Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi dengan menanyakan apa yang telah dan belum dikuasai terkait dengan kompetensi menulis pantun, serta kesan-kesan selama pembelajaran menulis pantun.
·         Hasil uji kompetensi menulis pantun direvisi dan dijadikan buku kumpulan pantun (TM TT Proyek)*

10’      











65’






















5’



60’





10’




Keterangan:

*TMTT: Tugas Mandiri Tidak Terstruktur, masing-masing dilakukan  dalam waktu  dilakukan 40’

 

E.    Alat/Bahan/Sumber  

·         Syair lagu berbentuk pantun
·         Contoh  pantun bervariasi sesuai dengan jenis tema dan isi.
·         Buku Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas VII oleh Suparno, dkk.
·         LKS







F.     Penilaian


Indikator
Teknik
Bentuk
Instrumen
1. Menjelaskan
  syarat/karakteristik  
    pantun 
                  
Tes

Tes Lisan
Berdasarkan contoh-contoh pantun yang ada, jelaskan karakteristik pantun dari segi tema, isi, dan bentuk.
2.      Menjelaskan    
      jenis pantun
Tes Lisan
Berdasarkan contoh-contoh pantun yang ada, jelaskan jenis-jenis pantun berdasarkan tema dan isinya
3. Mampu menulis pantun yang sesuai dengan syarat/karakteristik pantun
Kinerja Praktik menulis
Tulislah dua bait pantun yang memenuhi karakteristik pantun yang baik
4. Menyunting dan membukukan puisi menjadi buku kumpulan pantun.
Penugasan
Produk
Suntinglah pantun yang sudah kalian susun, kemudian bukukanlah pantun tersebut ke dalam satu buku kumpulan pantun.



                                                                                   
Mengetahui                                                                 Guru,
Kepala Sekolah,



0 komentar:

Poskan Komentar

 
`