Create your own banner at mybannermaker.com!
mudi falah hidha - MTsN 9 nganjuk

Minggu, 17 Juli 2011

kriteria penilaian lomba pidato

Kemarin aku di sms teman madrasah. Dia bernama Izzaturrofiqoh, S.P.d.I guru mapel l Qur'an Hadist di MTsN Juwet. Dia bertanya tentang kriteria penilaian pidato. Karena aku guru bahasa Indonesia, akhirnya aku jawab aja. kriterianya ada di : 

1. Kesesuaian isi dengan tema.
2. Sistematika penulisan ( pembuka, isi, penutup)
3.  bahasa
4.  Vokal/ Artikulasi/ Intonasi
5. Gaya/ Mimik dan Improvisasi.
6. Ketepatan waktu.

Sebenarnya masih banyak kriteria yang dapat di jadikan ukuran berpidato yang baik. Bergantung jenis dan teknik yang digunakan. Dapat dengan Pidato menghafal, membawa teks, spontanitas/ tanpa persiapan, dll. 
Intinya seorang yang pintar berpidato/ orator harus mampu menarik perhatian orang lain dan dapat menyampaikan informasi secara tepat sasaran dan lengkap. Begitu saja penjelasanku tentang pidato. Dalam blog ini juga saya upload sebuah video berpidato yang baik yag saya ambil dari lomba pidato dalam rangka Porseni MTs kabupaten Nganjuk. 
Mudah- mudahan jelas bu Iza....! jika kurang mantap hubungi aja aku di setiap hari kerja. Dan semoga pembaca lain ikut merasakan dan berbagi ilmu dengan saya...!




1 komentar:

Assalamu'alaikum....
Salam kenal ya mas...
Makasih untuk masukannya.
Smoga manfaat bagi yg lainnya juga

Posting Komentar

 
`