Kata
ulang atau reduplikasi
Kata jadian yang terbentuk dengan pengulangan
kata.
Bentuk kata ulang :
Kata ulang murni atau pengulangan
seluruh atau dwilingga,
yaitu pengulangan seluruh kata dasar.
Contoh : - ibu-ibu
w hitam-hitam
- kuda-kuda w danau-danau
Kata ulang berimbuhan atau kata ulang sebagian, yaitu bentuk pengulangan kata dengan mendapat awalan, sisipan,
akhiran atau gabungan imbuhan
sebelum atau sesudah kata dasarnya
diulang.
Contoh
:
-
berlari-lari - bermain-main
-
menari-nari - hormat-menghormati
-
bunga-bungaan - kekanak-kanakan
Kata
ulang berubah bunyi atau bervariasi
fonem, baik
vokal maupun konsonan.
Contoh :
- lauk-pauk
- serta-merta
- warna-warni
- gerak-gerik
- mondar-mandir
Kata
ulang suku awal atau dwipurwa, yaitu
bentuk
pengulangan suku pertama kata
dasarnya,
biasanya disertai variasi e pepet.
Contoh :
- lelaki
è laki-laki
~ lalaki ~ lelaki
- sesama
è sama-sama
~ sasama ~ sesama
- tetangga
è tangga-tangga ~ tatangga ~ tetangga
Selain bentuk kata ulang di atas, terdapat kata
ulang semu atau kata dasar berulang.
Contoh :
- cumi-cumi -
paru-paru
- laba-laba - pura-pura
- biri-biri -
kura-kura
- kupu-kupu
- kunang-kunang
Makna kata
ulang
1.Menyatakan
banyak tak tentu.
Contoh :
-
gunung-gunung
- daerah-daerah
- gerak-gerik
-
rumah-rumah
- pepohonan
2. Menyatakan sangat.
Contoh :
- rajin-rajin -
besar-besar
- kuat-kuat - manis-manis
3. Menyatakan saling, berbalasan atau
pekerjaan dilakukan oleh dua pihak.
Contoh :
-
kunjung-mengunjungi
-
tuduh-menuduh
-
tolong-menolong
4. Menyatakan paling atau intensitas.
Contoh :
-
sebaik-baiknya
-
setinggi-tingginya
-
sebanyak-banyaknya
5. Menyatakan tiruan atau menyerupai.
Contoh :
-
orang-orangan
- siku-siku
-
rumah-rumahan
6. Menyatakan bersenang-senang atau
santai.
Contoh
:
- duduk-duduk - minum-minum
- membaca-baca - tidur-tiduran
- berjalan-jalan - berbaring-baring
7. Menyatakan dikenai sifat atau agak.
Contoh :
- kebarat-baratan
- kemalu-maluan
- kehijau-hijauan
8. Menyatakan himpunan pada kata bilangan.
Contoh :
- dua-dua
- lima-lima
- banyak-banyak
9. Menyatakan agak….(melemahkan arti).
Contoh :
- Kepala pening-pening.
- Badan sakit-sakit.
- Jangan malu-malu.
10. Menyatakan beberapa.
Contoh :
- bertahun-tahun ia menunggu.
- berhari-hari ia menanti.
11. Menyatakan terus-menerus.
Contoh :
- bertanya-tanya
- mencari-cari
12. Menyatakan waktu.
Contoh :
- Pagi-pagi minum es.
- Datang-datang marah.
13. Menyatakan makin atau bertambah.
Contoh :
-
Lama-lama ia pingsan.
-
Meluap-luap amarahnya.
14. Menyatakan berusaha … atau penyebab.
Contoh :
- menyabar-nyabarkan diri.
- menguat-nguatkan hati.
- menahan-nahan amarah.
Soal-soal
pelatihan :
1.Yang
merupakan kata ulang semu adalah….
a. buku-buku
b. kupu-kupu
c. pontang-panting
d. baris-berbaris
Jawaban : b
2. Buah-buahan yang dibeli Inul di Pasar Baru
masih tampak
segar. Buah-buahan dalam
kalimat
tersebut tergolong kata ulang….
a. berubah bunyi
b. sebagian
c. murni
d. berimbuhan
3. Kata ulang yang menyatakan makna saling adalah….
a. Salah satu
ciri khas bangsa Indonesia
dalam
bermasyarakat adalah tolong-
menolong.
b. Anak itu
melempar-lempar mainannya.
c. Paman
tidur-tiduran di atas sofa.
d. Berbulan-bulan
kakaknya tidak pulang
dari
perantauan.
Pembahasan :
wTolong-menolong
~ artinya saling menolong
wMelempar-lempar
~ artinya terus-menerus atau berulang-ulang.
wTidur-tiduran ~ artinya tindakan dilakukan dengan santai.
wBerbulan-bulan ~ artinya menyatakan beberapa.
Jawaban : a
4. Pengulangan kata yang menyatakan paling
terdapat pada
kalimat….
a.
Pemusik-pemusik di era Indonesia baru ini
banyak
bermunculan.
b. Mereka selalu
berupaya untuk menciptakan
lagu
dengan sebaik-baiknya.
c.
Penyanyi-penyanyi muda dan ceria selalu
tampil
dengan gaya yang berbeda.
d. Mereka
kenal-mengenal sebelum mulai
pertandingan.
Pembahasan :
wPemusik-pemusik
maknanya banyak pemusik.
wSebaik-baiknya
maknanya paling baik.
wPenyanyi-penyanyi
maknanya banyak
penyanyi.
wKenal-mengenal
maknanya saling mengenal.
Jawaban : b
5. 1. Di Taman Buah Mekarsari pohon-
pohonan
ditata dalam pola daun
lamtorogung sebagai simbol tanaman
serbaguna.
2. Para petugas taman buah itu bekerja
dengan
segiat-giatnya agar dapat
memperoleh
hasil yang maksimal.
3. Taman-taman di taman buah ini
dijadikan
objek wisata baru bagi turis
mancanegara atau domestik.
4. Para pengelola taman buah ini berusaha
sekuat-kuatnya agar produk buah lokal
menjadi
tuan rumah di negeri sendiri.
Makna pengulangan
kata yang menyatakan banyak dan bermacam-macam terdapat pada kalimat nomor….
a. 1 dan 2 b. 1 dan 3
c. 2 dan 3 d. 2 dan 4
Pembahasan :
1. Pohon-pohonan maknanya bermacam-
macam.
2. Segiat-giatnya maknanya sangat atau
paling.
3. Taman-taman maknanya banyak.
4. Sekuat-kuatnya maknanya sangat atau
paling.
Jawaban : b
5. Adik saya mempunyai mobil-mobilan antik yang tidak dimiliki oleh teman
sebayanya.
Makna kata yang
tercetak miring tersebut adalah….
a. paling
b. berulang
c. banyak
d. menyerupai
Pembahasan :
Kata mobil-mobilan memiliki makna
menyerupai.
Jawaban : d
6. Warna bajunya kebiru-biruan serasi dengan kerudungnya. Makna kata
kebiru-biruan dalam kalimat tersebut adalah….
a. sangat
b. amat
c. agak
d. banyak
Pembahasan :
Kata kebiru-biruan memiliki makna agak biru.
Jawaban : c
7. Eva berperilaku
kebarat-baratan sehingga
tidak disenangi oleh
teman-temannya.
Makna kata
ulang yang sama dengan
kalimat
tersebut adalah….
a.
Buku-buku itu telah kusimpan dalam rak.
b. Halaman
rumahku ditanami dengan
pohon buah-buahan.
c. Sikap
gadis itu masih kekanak-kanakan.
d. Wati
tampak kurus karena sakit-sakitan.
Pembahasan
Buku-buku bermakna banyak.
Buah-buahan bermakna bermacam-macam.
Kekanak-kanakan bermakna menyerupai.
Sakit-sakitan bermakna intensitas atau
sering.
8. Sampai kini masyarakat hanya tahu bahwa pohon-pohon di hutan ditebang dan diambil kayunya.
Arti kata ulang pada kalimat tersebut adalah….
a. seluruh pohon
b. sebagian pohon
c. banyak pohon
d. sedikit pohon
Pembahasan :
Kata ulang pohon-pohon bermakna banyak
pohon.
Jawaban : C
9. Batu-batu cadas merintih kesakitan karena ditikam
belatinya. Kalimat yang menggunakan bentuk pengulangan sama dengan kalimat
tersebut adalah….
a. Mentari pagi
menyinari dedaunan.
b. Buku-buku itu
berserakan di lantai
kamarnya.
c. Pagar di lahan pemukiman itu rapi-rapi.
d. Orang itu
duduk-duduk saja di teras.
10. Kalau kakimu sakit, kamu boleh berjalan
pelan-pelan.
Kata ulang dalam kalimat
tersebut
yang semakna dengan kata ulang
dalam
kalimat tersebut adalah….
a. Ia belajar sambil makan-makan.
b. Angkatlah gelas itu tingi-tinggi.
c. Bawalah buku itu satu-satu ke tempatnya.
d. Murid-murid belajar dengan tekun.
Pembahasan :
Makan-makan
bermakna banyak tak tentu.
Tinggi-tinggi
bermakna intensitas atau sangat.
Satu-satu
bermakna himpunan.
Murid-murid
bermakna banyak tak tentu.
11. Batu-batuan yang telah dibersihkan oleh para perajin dibentuk
kemudian digosok-gosok sampai terlihat mengkilap.
Makna pengulangan kata yang tercetak miring pada kalimat tersebut adalah….
a. banyak, melakukan pekerjaan
b. menyerupai, saling
c. bermacam-macam, berkali-kali
d. kumpulan, saling
Pembahasan
wBatu-batuan
bermakna menyatakan
bermacam-macam.
wDigosok-gosok
bermakna menyatakan
berkali-kali.
Jawaban : C
12.Kata ulang dalam kalimat
berikut yang bermakna “saling” adalah….
a. Begitu mereka bertemu,
langsung
mereka bersalam-salaman.
b. Para siswa dididik bersopan santun.
c. Angkutan umum banyak mengambil
trayek Merak Serang pulang-pergi.
d. Ia pekerjaannya hanya mondar-mandir.
13.Siswa-siswi
SMP Taruna pada liburan kemarin berpiknik ke Pantai Carita. Di sana mereka
melihat-lihat pemandangan yang masih alami. Ombak berkejar-kejaran di tepi
pantai. Daun nyiur melambai-lambai dari kejauhan. Kesemuanya itu membuat para
pengunjung Pantai Carita terkesima.
Pembahasan :
Siswa-siswi merupakan kata ulang berubah
fonem, yang bermakna banyak siswa.
Jawaban : A
14.Di sana mereka melihat-lihat
pemandangan yang masih alami. Makna kata ulang pada kalimat tersebut adalah….
a. menyatakan banyak
b. menyatakan berkali-kali
c. menyatakan tiruan
d. menyatakan tidak dengan
sungguh-
sungguh.
Pembahasan :
Kata ulang melihat-lihat bermakna
menyatakan berkali-kali melihat.
Jawaban : B
15. Kata
ulang yang bermakna menyatakan paling terdapat pada kalimat….
a. Mereka berusaha belajar sebaik- baiknya.
b. Ia hanya membaca buku-buku LKS.
c. Dia mendengarkan musik sambil tidur- tiduran.
d. Pemain-pemain sepak bola itu berkumpul di rumahnya.
Pembahasan :
wSebaik-baiknya
bermakna paling.
wBuku-buku
bermakna banyak.
wTidur-tiduran
bermakna santai.
wPemain-pemain
bermakna banyak.
Jawaban : A
0 komentar:
Posting Komentar